peminum bijak

Wadah Informasi Terkait Minuman Beralkohol

Konsumsi Alkohol Saat Olahraga, Amankah?

Mengonsumsi minuman beralkohol umumnya dilakukan di tempat-tempat tertentu, seperti cafe, atau saat berkumpul bersama teman atau sanak keluarga. Namun, ternyata tidak semua orang menikmati minuman beralkohol saat sedang bersantai. Adapula yang menenggak minuman ini saat sedang berolahraga. Apakah kamu salah satunya?

Tidak jarang orang mencoba untuk mengonsumsi minuman ini, meskipun mereka sedang atau akan melakukan kegiatan olahraga. Padahal, memutuskan untuk melakukan tindakan ini saja, sudah berakibat fatal bagi aktivitas orang tersebut.

Alkohol mampu mengurangi kemampuan reaksi serta mengganggu koordinasi pekerjaan otak. Sehingga, memutuskan untuk menikmati minuman beralkohol saat berolahraga akan memberikan pengaruh yang besar.

Minuman dengan kadar alkohol sebenarnya sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi sebelum, saat berolahraga atau pasca berolahraga. Terutama, pada beberapa cabang olahraga yang memerlukan reaksi cepat dan fokus tertentu, seperti tenis, sepak bola, dan ski. Tak hanya itu, saat melakukan olahraga air seperti renang, menyelam dan ski air, mengonsumsi alkohol sebelum berolahraga juga bisa memperbesar risiko kecelakaan.

Melakukan aktivitas olahraga berarti akan meningkatkan keluarnya cairan tubuh. Itulah mengapa, alkohol sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi sebelum, saat melakukan aktivitas, atau setelah berolahraga. Namun, jika kamu ingin mengonsumsi minuman beralkohol, maka pastikan kamu telah benar-benar menyelesaikan aktivitas olahraga tersebut dalam batas waktu yang cukup lama.

Pastikan kamu meminum air mineral secukupnya sebelum atau setelah berolahraga. Dengan demikian, kondisi cairan tubuh akan tetap terjaga dengan maksimal.

 

%d bloggers like this: