Meminum minuman beralkohol (minol) boleh dilakukan oleh siapa saja yang sudah cukup usia. Ini adalah keputusan dan hak setiap orang. Meskipun bisa dilakukan oleh siapa saja, aktivitas ini tetap perlu dilakukan dengan bertanggung jawab.

Bertanggung jawab dalam menenggak minuman beralkohol bisa menghindarkan kamu dari hal-hal yang merugikan. Dengan mengetahui batasan asupan alkohol pada tubuh dan menenggak minol secara wajar, maka kamu akan bebas dari dampak negatif yang mungkin ditimbulkan oleh minuman ini.

Tidak semua orang bisa melakukan aktivitas ini secara bertanggung jawab. Mereka perlu mengetahui cara-cara terbaik untuk membuat aktivitas meminum minol menjadi lebih beradab dan tidak merugikan banyak pihak termasuk diri sendiri.

Apa saja cara-cara yang dimaksud?

  1. Jangan minum minol seorang diri
    Penting halnya untuk kamu mengajak orang lain saat melakukan aktivitas meminum minuman beralkohol. Orang lain tersebut bisa berfungsi sebagai ‘penjaga’ kamu di saat-saat yang tidak diinginkan terjadi. Mereka bisa menjaga kamu terhindar dari efek mabuk yang mungkin terjadi setelah menenggak minol.

    Kamu juga perlu mempertimbangkan siapa orang yang hendak kamu ajak melakukan aktivitas ini. Jangan ajak teman-teman yang mungkin mengintimidasi kamu atau memaksa kamu untuk menenggak terlalu banyak minol saat di pertemuan.  Pastikan juga kamu mengenal baik dan percaya kepada orang-orang tersebut.

  2. Saling menjaga
    Dengan melakukan aktivitas menenggak minol bersama teman, maka tidak hanya teman kamu yang bertugas untuk menjaga kamu, tetapi kamu juga perlu untuk menjaga dirinya.

    Pastikan kalian saling menjaga satu sama lain hingga aktivitas tersebut usai. Jika ada salah seorang yang berada dalam kondisi tidak mengenakkan, pastikan kalian telah melakukan hal yang baik dan benar, untuk menghindari hal buruk terjadi kemudian.

  3. Kenali tubuh
    Sebelum menenggak minol, pastikan kamu mengetahui batasan tubuhmu. Setiap tubuh manusia memiliki batasan toleransi yang berbeda-beda atas alkohol. Itulah mengapa, batasan toleransi tubuh kamu tidak akan sama dengan batas toleransi temanmu.

    Guna menghindari terjadinya mabuk, maka kamu bisa membatasi waktu minum dalam enam jam (untuk empat gelas wine), empat gelas bir (untuk waktu 1 malam), atau menenggak secara perlahan dan konstan (missal : menenggak setiap 10 menit sekali) jika kamu tergolong peminum pemula. Pastikan juga kamu tidak menenggak beberapa jenis minuman beralkohol dalam satu waktu bersamaan.

  4. Tahu batasan usia
    Sebelum memutuskan untuk menenggak minol, pastikan kamu telah cukup umur. Cukup umur berarti kamu telah berada pada usia lebih dari 21 tahun. Orang-orang yang melanggar kebijakan ini harus siap dengan sanksi yang diterapkan berdasarkan Undang-Undang negara ini.
  5. Minum dalam keadaan kenyang dan segar
    Minum dalam keadaan perut kosong serta kondisi tubuh yang membutuhkan waktu tidur sangat berbahaya bagi tubuh kamu. Jika kamu berani menenggak minol dalam kondisi seperti tersebut, maka kamu akan mendapatkan efek negatif pada tubuh.

    Mengonsumsi minol dengan perut yang kosong bisa menyebabkan mual, sedangkan konsumsi minol dalam keadaan mengantuk dan lelah bisa menyebabkan mabuk yang lebih cepat.

  6. Tahu kapan berhenti
    Akibat interaksi dengan teman saat menenggak minol, seringkali peminum tidak tahu kapan saat yang tepat untuk berhenti. Rasa minder atau merasa takut dicap tidak setia kawan seringkali menjadi alasan mengapa aktivitas ini tidak bisa dihentikan.

    Jika kamu ingin melakukan aktivitas minum yang bertanggung jawab maka kamu perlu tahu kapan waktu yang tepat untuk berhenti. Pastikan kamu mengetahui tanda-tanda yang diberikan oleh tubuh seperti, mual, pusing, muntah, mulai merasa mabuk  dan berhentilah menenggak minol yang ada di hadapanmu.

Itulah enam cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat aktivitas minum menjadi sesuatu yang asik dan bertanggung jawab. Kenali dirimu sendiri serta komunitasmu sebelum memutuskan untuk menenggak alkohol. Dengan begitu, kamu tetap bisa mengenal batasan yang terbaik bagi semua.
 

**Credit photo : www.flickr.com/photos/chrisschoenbohm