Manusia adalah makhluk sosial. Manusia tidak dapat hidup tanpa adanya dukungan dari sesamanya. Manusia membutuhkan kehadiran orang lain untuk memenuhi kebutuhan dasar, yakni kebutuhan sosial yang melekat pada dirinya.

Kebutuhan sosial tersebut bisa tercipta dengan adanya interaksi antar manusia. Manusia menjalin komunikasi dan saling mempercayai satu sama lain.

Interaksi yang baik bisa muncul dengan adanya intensitas pertemanan dan pertemuan antar individu. Salah satunya diterapkan melalui acara kongkow atau berkumpul bersama melakukan suatu aktivitas yang sama-sama disenangi.

Berkumpul di suatu tempat untuk bercengkerama sambil menenggak minuman beralkohol adalah salah satu contoh yang mungkin terjadi. Setiap pelakunya secara tidak langsung mendapatkan manfaat dari aktivitas sosial tersebut.

Tak hanya itu, menenggak minuman beralkohol dengan jumlah yang tidak berlebihan dan dilakukan secara rutin dengan kadar yang terukur (moderat) juga bisa memberikan keuntungan tersendiri bagi mereka yang melakukannya. Apa saja keuntungan dan manfaat yang dimaksud?

Minuman beralkohol dan manfaat psikososial
1. Minuman beralkohol bisa membantu seseorang untuk memperbaiki suasana hati, mengurangi stress dan menghasilkan dampak positif bagi kesehatan.

2. Minuman beralkohol memberikan kemampuan seseorang untuk bersosialisasi, melakukan sesuatu dengan santai dan meningkatkan kemampuan kohesi sosial.

3. Pada tahun 1995, seorang peneliti bernama Dwight Heath mengungkapkan bahwa mengonsumsi minuman beralkohol merupakan aktivitas sosial yang paling banyak dilakukan oleh komunitas di berbagai belahan dunia.

Minuman tersebut dikonsumsi untuk mempermudah pergaulan dan proses interaksi. Bahkan di beberapa negara aktivitas ini dilakukan untuk menciptakan hubungan keakraban di kalangan komunitas pria sekaligus meningkatkan tingkat partisipasi sosial pada acara-acara komunitas.

4. Kendal Hunt yang melakukan penelitian pada tahun 1990 menyimpulkan bahwa minuman beralkohol juga bisa berfungsi sebagai perekat sosial. Dengan mengonsumsi minuman beralkohol bersama-sama, secara tidak langsung rasa solidaritas antar anggota kelompok semakin meningkat.

Minuman beralkohol dan manfaat bagi tubuh
1. Mengonsumsi minuman beralkohol secara teratur dan tidak berlebihan bisa memberikan perasaan bahagia dan menciptakan pengalaman yang positif. Kreebanyakan peminum akan merasa lebih ceria dan bersahabat saat sedang mengonsumsi minuman beralkohol.

Dua persen orang dari responden survei terkait fenomena ini merasakan sedih, sedangkan delapan persen sisanya merasa agresifitas meningkat pasca menenggak minuman beralkohol.

2. Penelitian juga mencatat bahwa peminum yang menenggak minuman beralkohol secara rutin memiliki selera humor yang lebih baik. Mereka cenderung akan lebih humoris dan banyak tersenyum kepada orang lain.

3. Mengonsumsi minuman beralkohol secara moderat dan tidak berlebihan, bisa mengurangi tingkat kecemasan. Beberapa penelitian di Amerika Serikat menyebutkan bahwa kelompok non-peminum memiliki tingkat kecemasan yang tinggi, dibandingkan dengan kelompok yang mengonsumsi minuman beralkohol secara moderat. Sementara, kelompok yang mengonsumsi terlalu banyak minuman beralkohol (peminum berat) justru cenderung mengalami depresi.

Itulah keuntungan dan manfaat dari mengonsumsi minuman beralkohol. Hanya saja pastikan kamu menenggak minuman tersebut dalam kadar yang tepat dan tidak merugikan diri kamu sendiri.