Mengonsumsi minuman beralkohol (minol) bisa dilakukan kapan saja. Hanya saja, tidak saat kamu dalam kondisi sedang dalam pengobatan. Konsumsi obat dan alkohol bisa memberikan pengaruh buruk bagi tubuhmu.

Kebiasaan mengonsumsi minol bisa saja membuat daya tahan tubuh menurun, sehingga mengharuskan kamu meminum obat-obatan untuk meredakan rasa tidak nyaman di tubuhmu. Namun, tahukah kamu bahwa mengonsumsi minol dan obat-obatan secara bersamaan bisa berakibat fatal?

Ya, menenggak minol dengan obat-obatan sekaligus sudah termasuk dalam aktivitas mengoplos. Hal ini sudah tentu berbahaya bagi tubuhmu, bahkan bisa menyebabkan kematian. Selain itu adapula para peminum, yang tanpa mereka sadari mengonsumsi minol pasca mengonsumsi obat.

Jika kamu pernah atau sering melakukan hal tersebut, maka ada baiknya kamu segera menghentikan kebiasaan tersebut. Mengonsumsi alkohol pasca meminum obat ternyata tidak akan memberikan kesembuhan sama sekali.

Saat kamu sedang melakukan proses pengobatan penyakit seperti demam, batuk, flu, sakit kepala, sakit pencernaan, penyakit jantung koroner atau alergi, ada baiknya kamu menghentikan kebiasaan menenggak minuman beralkohol, seperti bir, anggur dan whiski.

Jika kamu melakukannya, maka kamu sangat berpotensi mengalami penurunan kemampuan motorik, tidak bisa menjalankan aktivitas seperti menyetir atau mengoperasikan alat-alat berat. Tak hanya itu, kamu juga bisa mengalami penyakit yang lebih parah, depresi, bahkan berujung kematian jika masih nekat melakukannya.

Apa saja dampak dari menenggak minuman beralkohol pasca mengonsumsi obat-obatan? Simak ulasan berikut:

  1. Dampak minol pada obat demam
    Obat demam atau penurun panas sangat mudah ditemukan secara bebas. Jika kamu mengonsumsi minol pasca meminum obat ini maka kamu akan merasakan efek samping seperti jantung berdebar kencang, perut kembung dan overdosis.
  2. Dampak minol pada obat batuk dan flu
    Kamu bisa mengalami perubahan drastis pada tubuh seperti pusing, badan lemas dan mata berkunang-kunang pasca menenggak alkohol sesaat setelah meminum obat ini.
  3. Dampak minol pada obat alergi
    Mengonsumsi minol pasca meminum obat alergi justru bisa melemahkan kerja sistem saraf pusat di tubuhmu. Efek samping yang jelas terjadi adalah munculnya rasa kantuk, pusing dan lemas.
  4. Dampak minol pada antibiotik
    Obat yang tergolong antibiotik kerap diberikan pada pasien dengan riwayat penyakit yang sudah terjadi dalam waktu lama. Sebaiknya jangan konsumsi minol setelah meminum antibiotik seperti Tinidazole, Metronidazol dan Amoksisilin. Jika masih melakukannya, jangan heran tubuhmu akan mengalami jantung berdebar, sakit kepala, diare, mual serta muntah.
  5. Dampak minol pada obat pereda nyeri
    Untuk obat yang satu ini, pastikan kamu tidak coba-coba untuk melakukan konsumsi bersamaan. Pastikan kamu benar-benar telah menghentikan pengobatan atau menunggu hingga obatmu benar-benar habis, sebelum memutuskan untuk mengonsumsi minol. Luka lambung, jantung berdebar kencang, kejang-kejang, sesak napas, pendarahan dan hilangnya fungsi motorik adalah efek samping yang bisa kamu alami jika masih nekat melakukan konsumsi keduanya.