Mengonsumsi minuman keras (miras) dengan kadar etanol yang tinggi tidaklah berbahaya selama kamu mengonsuminya dalam takaran yang wajar. Namun, berbeda halnya dengan mengonsumsi miras oplosan yang merupakan campuran dari beberapa zat kimia dengan minuman keras murni. Sedikit saja ditenggak, nyawa bisa menghilang dalam hitungan menit.

Ya, menenggak miras oplosan tidaklah sama dengan menenggak miras dan minuman beralkohol yang dijual secara resmi. Miras oplosan tidak melalui proses penjualan yang legal dan diketahui peredarannya oleh pemerintah. Minuman ini juga tidak memiliki penjelasan kandungan alkohol yang detail pada kemasannya.

Miras oplosan biasa ditempatkan dalam wadah plastik atau botol plastik yang tidak memiliki penjelasan aturan penggunaan serta kode resmi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Biasanya, minuman ini dijual secara ilegal atau dibuat secara pribadi oleh oknum-oknum tertentu.

Menenggak oplosan bisa memberikan efek samping yang tidak biasa. Lagi-lagi, efek samping tersebut tentu berbeda dengan efek samping yang dirasakan saat mengonsumsi minuman beralkohol yang tercatat resmi.

Apa saja efek samping yang bisa terjadi saat mengonsumsi minuman keras oplosan? Simak ulasan berikut ini:

  1. Efek kronis dan akut
    Para penenggak miras oplosan akan mengalami dua efek samping, kronis dan akut. Namun, efek akut adalah penyebab utama mengapa kematian bisa terjadi pasca menenggak miras oplosan. Sementara itu, efek kronis yang terjadi biasanya berupa gangguan pencernaan, luka pada saluran pencernaan, gangguan hati serta kanker pencernaan.
  2. Asidosis Metabolik
    Zat kimia berbahaya yang dicampur dalam miras akan menjadi racun dalam tubuh. Tubuh akan bereaksi menimbulkan asam basa darah (Asidosis Metabolik). Pertolongan yang terlambat saat hal ini terjadi, maka bisa menyebabkan kematian.
  3. Depresi napas
    Tidak hanya berkaitan dengan gangguan kejiwaan, depresi pada napas juga bisa terjadi pada para penenggak miras oplosan. Depresi napas atau gangguan pernapasan sangat mungkin terjadi akibat keracunan zat kimia yang masuk ke miras oplosan.

    Dampaknya orang tersebut akan sulit untuk menghirup napas, dada semakin sesak hingga napas yang tersengal-sengal. Jika tidak segera ditolong maka napas akan berhenti dan kinerja jantung juga akan berhenti. Akibatnya? Tentu saja kematian.

  4. Penglihatan terganggu
    Miras oplosan seringkali mengandung methanol yang sangat berbahaya bagi tubuh. Salah satunya berdampak pada saraf mata yang bisa menyebabkan gangguan penglihatan dan kebutaan. Gejala ini sangat sulit disembuhkan dan bersifat permanen.

    Keempat efek samping tersebut akan terjadi saat kamu atau orang-orang di sekitar kamu mengonsumsi miras oplosan. Tidak ingin mengalami satu di antaranya? Stop mengoplos dan minum oplosan jika kamu tidak ingin mati sia-sia!