Mencampur minuman seperti soda dengan susu, atau sirup dengan susu adalah hal yang biasa. Bahkan minuman ini bisa menjadi sajian yang lezat dan menggugah selera. Namun, berbeda halnya dengan mencampur minuman keras.

Mencampur atau mengoplos minuman keras (miras) masih sering dilakukan di negeri ini. Bukannya mencampur dengan cairan yang memang sesuai peruntukkannya, mengoplos miras seringkali dilakukan dengan menggunakan cairan yang mengandung zat kimia berbahaya.

Zat kimia yang tercampur bersama miras akan menjadi racun dan berbahaya bagi tubuh. Itulah mengapa, mengoplos miras tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Jumlah campuran dan bahan campuran menjadi hal utama yang perlu diperhatikan dengan saksama.

Beberapa jenis campuran miras ini adalah contoh yang umumnya menjadi bahan untuk sebuah minuman oplosan. Bahan-bahan ini akan memberikan efek samping yang berbahaya hingga berujung kematian.

Kami hanya menjelaskan beberapa jenis racikan miras oplosan yang kerap mengakibatkan kematian. Dituliskan hanya sebagai informasi, racikan tersebut di bawah ini tentunya tidak untuk kamu coba ya!

  1. Campuran miras dengan obat
    Sudah selayaknya obat dikonsumsi hanya dengan air mineral dan bukan dengan miras. Obat yang dikonsumsi secara wajar tentu akan menyembuhkan. Namun, apa jadinya jika obat tersebut disatukan dengan minuman beralkohol?

    Efek mabuk atau percaya diri bisa dihasilkan dengan mencampur miras dengan beberapa obat seperti obat nyamuk, obat tetes mata atau obat sakit kepala. Minuman seperti ini memang akan menyenangkan bagi beberapa orang. Namun, jika mengonsumsi minuman dengan campuran seperti ini, kerusakan pada organ ginjal dan hati akan sangat mungkin terjadi.

  2. Campuran miras dengan soda
    Racikan ini paling banyak dicoba oleh para pengoplos. Biasanya miras berupa vodka disatukan dengan minuman soda. Jika takarannya pas, maka rasa lezat justru hadir dari racikan minuman ini. Namun, jika kamu ingin mencobanya, pastikan kamu mencampurnya dalam kadar yang tepat ya!
  3. Campuran miras dengan minuman berenergi
    Kandungan keras yang terdapat pada minuman berenergi sudah selayaknya tidak digabungkan dengan miras. Gabungan keduanya bisa mengakibatkan gagal jantung bahkan kematian. Campuran yang lebih dikenal dengan sebutan ‘sunrise’ ini dipercaya bisa mengurangi rasa pahit pada miras.
  4. Campuran miras dengan susu
    Meskipun susu nikmat dicampur dengan aneka minuman lainnya. Namun, jangan pernah mencoba untuk mencampur miras dengan susu. Racikan ini kerap dijual di beberapa penjual miras tradisional.

Biasanya campuran ini menggunakan miras tradisional yang tidak diketahui kadar alkoholnya. Itulah mengapa racikan ini bisa menyebabkan keracunan yang berujung pada kematian.