Pelarangan peredaran minuman beralkohol di beberapa daerah di Indonesia ternyata tidaklah menyelesaikan masalah. Nyatanya setiap tahunnya, ada saja nyawa yang melayang akibat mengonsumsi minuman keras (miras) ilegal yang dioplos.

Miras oplosan adalah suatu minuman yang sengaja diciptakan oleh pihak-pihak tertentu untuk menciptakan efek mabuk, tenang ataupun ‘terbang’ layaknya minuman beralkohol mahal dengan kadar etanol yang tinggi. Para peminum oplosan umumnya adalah mereka yang mengalami kesulitan dana untuk membeli miras berharga mahal.

BACA JUGA : JENIS RACIKAN MIRAS OPLOSAN YANG MEMATIKAN

Miras oplosan bukanlah minuman keras yang layak untuk dikonsumsi meskipun dalam jumlah yang sangat sedikit. Biasanya para peraciknya akan memberikan berbagai campuran cairan yang tidak bisa dikonsumsi bersamaan dengan miras murni seperti obat nyamuk lotion, susu, alkohol untuk luka dan sebagainya. Itulah mengapa minuman ini akan memberikan efek samping yang sangat berbahaya bagi tubuh, jika dikonsumsi dalam kadar kecil maupun besar.

Tidak hanya itu, beberapa hal berikut ini adalah penyebab utama lainnya mengapa minuman keras oplosan bisa mematikan nyawa setiap orang yang menenggaknya. Apa saja hal tersebut?

  1. Jumlah
    Minuman keras oplosan memang berbahaya. Namun, jumlah campuran yang dimasukkan saat proses oplos adalah penentu utama mengapa minuman ini bisa sangat mematikan.Jumlah bahan/kadar campuran cairan lainnya terhadap miras murni bisa berpengaruh terhadap efek samping yang dirasakan peminum. Lagipula, minuman keras oplosan tidak diketahui jumlah kadar alkoholnya. Ini tentu berbeda dengan minuman beralkohol resmi yang sudah jelas Alcohol by Volume (ABV) nya. Untuk menghindari terjadinya efek samping, jangan mengoplos atau meminum oplosan, ya!
  2. Jenis bahan campuran
    Jenis bahan yang dicampur dalam sebuah minuman oplosan juga bisa menyebabkan kematian. Campuran yang biasa ditemukan dalam sebuah minuman keras oplosan adalah obat nyamuk, minuman berenergi, softdrink, air kelapa, obat sakit kepala, alkohol obat dan sebagainya.Bahan-bahan tersebut tentu tidak baik dicampur dengan minuman beralkohol murni. Itulah mengapa efek kematian sangat dekat dengan para peminum yang menenggak minuman ini.
  3. Pertolongan pasca terjadinya efek samping
    Efek samping pasca menenggak oplosan bisa datang dengan sangat cepat atau lambat. Namun, pertolongan yang cepat tanggap pasca terjadinya efek samping bisa memperkecil kemungkinan terjadinya kematian.Jika kamu menemukan orang-orang dengan kemungkinan mengalami efek samping berbahaya pasca menenggak oplosan, pastikan kamu segera melapor pada petugas kesehatan terdekat ya!