Kehadiran minuman beralkohol tidak bisa dihindari. Perdagangan yang semakin bebas, membuat produk ini semakin mudah ditemukan di masyarakat.

Masyarakat yang mengerti akan pengaruh baik dan buruk minuman ini, tentu akan mengontrol jumlah alkohol yang masuk ke dalam tubuhnya. Namun, banyak pula yang tidak peduli dan cenderung mengonsumsi minuman ini dalam kadar yang besar.

Selain itu, tak jarang masyarakat hanya mengerti bahwa minuman beralkohol berbahaya. Padahal, cairan ini hanya akan berbahaya jika dikonsumsi dengan aturan yang salah.

Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) RI No : 86/Men.Kes/Per/IV/77 menyebutkan bahwa minuman beralkohol termasuk dalam minuman keras. Masih menurut Permenkes tersebut, minuman jenis ini dikategorikan ke dalam tiga golongan, yang dapat memudahkan para konsumennya untuk memilah kadar yang baik bagi tubuh mereka.

Apa saja tiga golongan kadar tersebut?

  1. Golongan A
    Minuman yang masuk ke dalam golongan ini adalah minuman dengan kadar etanol (C2H5OH) sebesar 1 persen hingga 5 persen. Konsumen bisa menemukan minuman ini pada beberapa supermarket/swalayan secara bebas, terutama di kota-kota besar. Produk yang umum ditemukan adalah bir.

    Efek yang dihasilkan oleh minuman beralkohol golongan A tidaklah terlalu parah, dan tidak menyebabkan mabuk. Hanya saja, terjadi beberapa dampak kurang baik pada tubuh, yang bisa dirasakan pasca menenggak minuman ini.

  2. Golongan B
    Minuman keras dengan kadar etanol (C2H5OH) sebesar 5 persen hingga 20 persen masuk ke dalam golongan ini. Konsumen hanya dapat menemukan minuman ini pada beberapa pusat penjualan resmi atau kafe. Produk yang tergolong dalam golongan ini adalah wine atau anggur.

    Rasa dari minuman dengan golongan ini sedikit berbeda dengan rasa pada minuman bergolongan A. Namun, jika dikonsumsi dalam jumlah besar, terutama pada konsumen yang tidak terbiasa mengonsumsinya, efek mabuk bisa terjadi pada konsumen tersebut.

  3. Golongan C
    Minuman keras yang memiliki kadar etanol (C2H5OH) antara 20 persen hingga 55 persen, maka minuman tersebut sudah masuk ke dalam golongan ini. Efek memabukkan akan sangat terasa sangat cepat saat konsumen menenggak minuman ini dalam jumlah sedikit. Beberapa minuman yang termasuk ke dalam golongan ini adalah Vodka, Whisky dan sebagainya.

Nah, itulah ketiga golongan minuman berdasarkan kadarnya. Pastikan kamu mengetahui kemampuan tubuhmu menerima alkohol, sebelum menenggak salah satu di antaranya, ya!